Foodies

Makan yakni aktivitas memasukkan makanan atau sesuatu ke dalam mulut untuk menyediakan gizi bagi hewan dan makhluk hidup, dan juga daya untuk bergerak serta pertumbuhan, merupakan dengan memakan organisme. Menurut tipe pola diet, Makhluk karnivora memakan hewan, makhluk herbivora memakan tumbuhan, walaupun omnivora memakan keduanya.

Makanan yakni bahan, lazimnya berasal dari binatang atau tumbuhan, yang dimakan oleh makhluk hidup menerima daya dan gizi. Cairan yang digunakan untuk maksud ini kerap kali disebut minuman, tapi kata 'makanan' juga dapat digunakan. Istilah ini kadang-kadang digunakan dengan kiasan, seperti "makanan untuk pemikiran". Kecukupan makanan bisa dievaluasi dengan status nutrisi secara antropometri.

Makanan yang diperlukan manusia lazimnya didapatkan dari hasil bertani atau berkebun yang mencakup sumber binatang, dan tumbuhan. Sebagian orang menolak untuk memakan makanan dari binatang seperti, daging, telor, dan lain-lain. Mereka yang tak menyenangi memakan daging, dan sejenisnya disebut vegetarian merupakan orang yang cuma memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka.

Pada biasanya bahan makanan mengandung sebagian faktor atau senyawa seperti air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, enzim, pigmen dan lain-lain.

Tiap-tiap makhluk hidup memerlukan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan susah dalam melaksanakan kesibukan sehari-harinya. Makanan bisa menolong manusia dalam menerima daya, menolong pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan menolong pertumbuhan manusia, bagus otak ataupun badan. Tiap-tiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Protein, karbohidrat, dan lemak yakni salah satu figur nutrisi yang akan didapat dari makanan.

Tiap-tiap tipe nutrisi memiliki fungsi yang berbeda. Karbohidrat adalah sumber daya sehari-hari. Salah satu figur makanan yang mengandung karbohidrat yakni nasi. Protein diterapkan oleh tubuh untuk menolong pertumbuhan, bagus otak ataupun tubuh. Lemak diterapkan oleh tubuh sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan daya. Lemak akan diterapkan ketika tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang betul-betul berkhasiat bagi tubuh ketika memerlukan daya.

Bisa dipastikan bahwa tiap-tiap negara memiliki makanan khas masing-masing.

Comments